Home / Berita / Kontribusi ASDP dan Pelni Menyiapkan Kapal Ternak

Kontribusi ASDP dan Pelni Menyiapkan Kapal Ternak

Keberadaan kapal ternak menjadi bagian dari upaya animal welfare karena di kapal khusus itu, sapi-sapi bisa duduk, nyaman, tenang, dan kondisi itu sangat mempengaruhi kualitas daging dan ototnya nanti tidak menjadi keras. Dengan begitu, peternak sebagai produsen sapi bisa merasakan harga jual sapi yang layak, dan konsumen di Jakarta pun bisa merasakan daging sapi yang berkualitas dan harga yang juga tidak terlalu tinggi.

Partisipasi BUMN yakni Pelni dan ASDP turut partisipasi pengiriman dengan mengerahkan  kapal ternak  dinilai sangat bermanfaat oleh pemerintah bisa mengetahui angka suplai sapi ternak dalam negeri.

Pada tahun 2018 loading factor 6 unit kapal ternak telah mencapai 88 persen, dengan jumlah ternak yang diangkut 30.803 ekor dr 78 pelayaran. Adapun konektivitas trayek angkutan ternak tahun ini ada enam rute, yakni: KM. Camara Nusantara 1 oleh PT Pelni (Kupang – Waingapu – Tanjung Priok – Cirebon – Kupang), KM. Camara Nusantara 2 oleh PT ASDP (Kupang – Wini- Atapupu- Tanjung Priok – Kupang), KM Camara Nusantara 3 oleh PT Pelni (Kupang – Waingapu – Tanjung Priok – Cirebon – Surabaya-Dumai- Cirebon-Kupang).

Selanjutnya KM. Camara Nusantara 6 oleh PT Subsea (Bima – Badas – Parepare – Palu – Balikpapan/Samarinda – Bima), dan rute yang terakhir KM. Camara Nusantara 5 oleh PT ASDP (Celukan Bawang – Tanjung Priok – Kupang – Wini – Atapupu – Samarinda – Celukan Bawang).

 

Check Also

Bank Mandiri Incar Menaikan Penyaluran Kredit Agribisnis

PT Bank Mandiri Tbk. mengincar pertumbuhan penyaluran kredit di sektor agribisnis dan turunannya sebesar 10% …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *