Home / Berita / KPK Lakukan Supervisi kepada PTPN II, Proses Pelepasan Ex HGU PTPN II dan Proses Hukum Perkara-Perkara Lahan/Aset PTPN II

KPK Lakukan Supervisi kepada PTPN II, Proses Pelepasan Ex HGU PTPN II dan Proses Hukum Perkara-Perkara Lahan/Aset PTPN II

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan mengawal atau memonitor proses hukum perkara lahan/aset PTPN II dalam penyelesaian pelepasan aset ex Hak Guna Usaha (HGU) seluas lebih kurang 5.873 Hektare (Ha).

“Penyelesaian aset masih berproses. Untuk menghindari perkara hukum, kami dari PTPN II sengaja mengundang KPK agar mendapat bimbingan dan arahan serta pendampingan untuk terlaksananya program pelepasan aset berjalan dengan baik dan tepat sasaran,” kata Kordinator Humas PTPN II, Sutan Panjaitan SE didampingi Kordinator Sekretariat Eri Umar ST kepada SIB,  usai acara pertemuan dengan pihak KPK dalam rangka SUPERVISI dan Pendampingan oleh KPK terhadap PTPN II.

Acara itu kata Sutan dilaksanakan di kantor Direksi PTPN II di Tanjungmorawa, dimana dihadiri Direktur Utama PTPN II M Abdul Ghani, Direktur Operasional Marisi Butar-Butar, Direktur Komersil M Iswan Achir, seluruh Kepala Bagian serta seluruh Direktur anak perusahaan. Sedangkan dari KPK dihadiri oleh Kepala Korwil I Pulung Rinandoro didampingi Juliawan Superani, Kasatgas Wilayah I Korsupgah Azril Zah, Kedeputian Bidang Pencegahan KPK dan beberapa staf KPK.

Pulung Rinandoro dalam arahannya dan meminta kepada pihak yang terkait dalam proses penyelesaian pelepasan tanah ex HGU untuk dapat menyelesaikannya dengan benar dan sesuai dengan aturan-aturan yang sudah ditentukan, serta tidak melangar hukum. “Kita tidak mau nantinya ada permasalahan hukum yang timbul terhadap bapak-bapak yang terlibat dalam penyelesaialan ex HGU, yang mana nanti dampaknya akan menggangu kelanjutan penyelesaian pelepasan aset ex HGU PTPN II,” katanya.

Menurut dia, permasalahan- permasalahan tanah di PTPN II atau pun yang dalam proses hukum terhadap tanah-tanah PTPN II tetap akan dikawal pihaknya. Oleh sebab itu pihaknya meminta kepada semua yang hadir dalam acara untuk tidak coba bermain-main di areal HGU ataupun di areal ex HGU PTPN II.

“Marilah kita jaga aset perusahaan ini secara bersama-sama,” pinta Pulung Rinandoro.

Sementara Abdul Ghani dalam sambutan mengucapkan terima kasih atas kedatangan dari Korwil I KPK. Ia berharap agar KPK dapat memberikan supervisi dan pengawalan dalam proses pelepasan aset ex HGU dan hal-hal perkara tanah yang masih dalam proses hukum.

Sumber PTPN 2 , edit koranbumn

Check Also

Siapkan Home Charging Mobil Listrik, Mitsubishi Motors Lanjutkan Kerja Sama dengan PLN

Mitsubishi Motors melanjutkan kerja sama dengan PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) untuk penyediaan fasilitas pengisian …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *