Home / Berita / KPPU Putuskan PGAS Solution Tidak Bersalah dalam Kasus Pengadaan Pekerjaan Proyek Kalija I

KPPU Putuskan PGAS Solution Tidak Bersalah dalam Kasus Pengadaan Pekerjaan Proyek Kalija I

Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) memutuskan bahwa PT Perusahaan Gas Negara (PGAS) Solution tidak bersalah terkait Pengadaan Pekerjaan EPC Proyek Pembangunan dan Pengoperasian Ruas Transmisi Kalija I (Kepodang – Tambak Lorok Semarang).

“Menyatakan bahwa Terlapor I (PT PGAS Solution), Terlapor II (Sapura Offshore Sdn. Bhd.), dan Terlapor III (PT Encona Inti Industri) tidak terbukti secara sah dan meyakinkan melanggar Pasal 22 UU No. 5 tahun 1999,” kata Ketua Majelis Komisi Sidang, Kodrat Wibowo, dalam keterangan tertulisnya, Jumat (14/6).

Majelis Komisi sebelumnya menduga terlapor I PT PGAS Solution, terlapor II Sapura Offshore, Sdn. Bhd, dan terlapor III, PT Encona Inti Industri melakukan pelanggaran pasal 22 UU nomor 5 tahun 1999 terkait adanya persekongkolan dengan pihak lain dalam menentukan pemenang tender suatu proyek.

Analisa Majelis Komisi menyatakan bahwa berdasarkan fakta-fakta persidangan, maka seluruh dugaan tindakan persekongkolan yang dilakukan oleh Terlapor I, Terlapor II dan Terlapor III dalam rangka pengaturan pemenang tender pada proses pra tender, proses evaluasi tender, tahap penetapan pemenang, dan tahap penandatanganan kontrak pada perkara a quo tidak terbukti.

Kemudian dengan tidak dapat dibuktikannya adanya tindakan persekongkolan yang dilakukan pada proses pra tender, proses evaluasi tender, tahap penetapan pemenang maka unsur bersekongkol tidak terpenuhi. “Bahwa dengan demikian tentang pemenuhan unsur Pasal 22 UU No. 5 Tahun 1999, Unsur tidak terpenuhi,” ungkap dia.

Selain itu, dalam pertimbangannya sebelum memutuskan, Majelis Hakim selama proses pembuktian di dalam persidangan menilai perkara tersebut bukan tentang proyek EPC Kalija I senilai US$ 97,5 juta atau setara dengan Rp 1,21 triliun.

Sumber Kontan, edit koranbumn

Check Also

Bank Mandiri Target Penyaluran KPR Tembus Rp45 Triliun

PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. sepanjang tahun ini menargetkan penyaluran Kredit Pemilikan Rumah (KPR) hingga …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *