Home / Berita / Kraton Ratu Boko Turut Upayakan Pelestarian Kelompok Seni Warga Sekitar

Kraton Ratu Boko Turut Upayakan Pelestarian Kelompok Seni Warga Sekitar

Kraton Ratu Boko berada di atas ketinggian Perbukitan Seribu yang dikelilingi oleh pemukiman warga. Keberadaan Kraton Ratu Boko yang sebagian areanya menyatu dengan wilayah penduduk, membuat Kraton Ratu Boko tidak abai terhadap lingkungan sekitarnya. Pengelola Ratu Boko, dalam hal ini PT TWC Unit Ratu Boko, selalu menempatkan keberadaan warga sebagai mitra yang sejajar. Salah satunya adalah dengan melakukan pemberdayaan masyarakat.

Sebagai bagian dalam program pemberdayaan masyarakat, PT TWC Unit Ratu Boko akan menggandeng kesenian lokal untuk menampilkan kelompok seninya dalam pertunjukkan regular bertajuk Tari Jelang Sunset di depan pintu gerbang utama Kraton Ratu Boko, Sleman, Yogyakarta. Program ini merupakan salah satu aspek pemberdayaan potensi warga masyarakat sekitar, dalam hal seni dan budaya lokal.

GM Unit Ratu Boko Wiharjanto mengatakan untuk program pertunjukkan seni tari ini akan melibatkan kelompok seni yang berada di sekitar wilayah Kraton Ratu Boko. “Kami sudah mengajak beberapa kelompok keseian yang berada di sekitar Ratu Boko untuk dapat menampilkan kesenian tradisionalnya dalam pertunjukkan rutin bertajuk Tari Jelang Sunset. Harapannya dengan program ini, warga sekitar dapat lebih mengembangkan potensi keseniannya serta juga sebagai bentuk dukungan terhadap hidupnya kesenian berbasis lokal, dalam hal ini masyarakat di wilayah Kraton Ratu Boko.” terangnya.

Sumber TWC, editkoranbumn

Check Also

Tarif Baru Iuran BPJS Kesehatan Berlaku Mulai Tahun Depan

Tahun 2019 tinggal hitungan hari. Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan pun mengingatkan kenaikan iuran …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *