Home / Berita / Laba BUMN-Anak Usaha Tahun 2018 (25) : Pelindo I Kantongi Rp911 Miliar, Targetkan Laba Tahun 2019 Diatas Rp1 Triliun

Laba BUMN-Anak Usaha Tahun 2018 (25) : Pelindo I Kantongi Rp911 Miliar, Targetkan Laba Tahun 2019 Diatas Rp1 Triliun

PT Pelindo I menargetkan laba bersih di atas Rp1 triliun pada tahun ini setelah tahun lalu mengantongi Rp911 miliar. Bagaimana strateginya agar target tersebut bisa diraih?

Direktur Keuangan PT Pelindo I (Persero) M. Nur Sodiq mengakui rendahnya pertumbuhan laba tahun berjalan disebabkan oleh induk dan anak perusahaan sudah membukukan beban keuangan atas pinjaman bank dan obligasi.

Perseroan akan menempuh langkah pengendalian biaya sehingga kinerja bottom linetahun ini tetap bertumbuh. “Kami akan investasi alat agar efisien, melakukan digitalisasi, dan otomasi,” katanya kepada Bisnis, Rabu (20/1/2019).

BUMN operator pelabuhan yang berkantor pusat di Medan itu tahun ini memasang target pendapatan usaha Rp4,4 triliun atau 41,9% di atas realisasi omzet tahun lalu Rp3,1 triliun. Sementara itu, beban usaha tahun ini diestimasi Rp2,9 triliun atau 52,6% di atas realisasi beban usaha tahun lalu.

Meskipun pendapatan Pelindo I berada di urutan ketiga setelah Pelindo II dan Pelindo III, Sodiq mengklaim Pelindo I paling efisien di antara empat Pelindo, dibuktikan oleh margin EBITDA 2018 yang mencapai 51,6%.

Sementara itu, Pelindo lainnya berkisar 38,5% hingga 46,1%, berdasarkan laporan keuangan kuartal III/2018. “Kuncinya ada pada kontrol biaya yang ketat sehingga kami lebih efisien,” ujar Sodiq.

Sumber Bisnis, edit koranbumn

Check Also

Komitmen Telkom Indonesia Hadirkan Konektivitas dan Digitalisasi Hingga Wilayah 3T, Indihome Kini Hadir di Pulau Rote

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) berkomitmen untuk selalu ada dan berkontribusi menghadirkan konektivitas di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *