Home / Berita / Lebaran Topat di The Mandalika

Lebaran Topat di The Mandalika

Suasana nan semarak dan penuh keriaan meliputi The Mandalika hari ini, Rabu (12/6). Tak heran, hari ini adalah harinya Lebaran Topat. Lebaran Ketupat atau Lebaran Topat merupakan tradisi yang berlangsung usai sepekan perayaan Idulfitri. Adalah masyarakat suku Sasak Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) yang merayakan Lebaran Topat, tradisi turun temurun sejak ratusan tahun silam. Lebaran Topat sendiri dirayakan setelah warga melaksanakan puasa sunah selama 6 hari di bulan Syawal.

Lebaran Topat di The Mandalika hari ini berlangsung meriah. Dihadiri oleh Bupati Lombok Tengah H. M. Suhaili, FT., SH, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, Direktur Konstruksi dan Operasi Ngurah Wirawan, Direktur Pengembangan ITDC Edwin Darmasetiawan, Managing Director The Mandalika I Wayan Karioka, dan Prof. DR. H. Masnun Tahir, M.Ag yang memberikan tausyiah.

Tradisi ini dinamakan Lebaran Topat karena perayaan akan dilakukan oleh mayoritas warga dengan berekreasi ke tempat wisata sambil membawa ketupat untuk disantap bersama keluarga. Pada acara Lebaran Topat ini dilakukan parade yang diiringi Gendang Beleq.

Untuk tahun ini, perayaan Lebaran Topat difokuskan di sepanjang pesisir pantai The Mandalika mulai dari Pantai Seger sampai dengan Pantai Tanjung Aan. Acara dilanjutkan dengan pembacaan hikayat dan Haflah Qur’an serta ditutup dengan dzikir dan makan siang bersama. Event ini akan dijadikan event tahunan seperti Pesona Bau Nyale.

Sumber ITDC,  edit koranbumn

Check Also

Pupuk Indonesia Bersama KPK Gelar Roadshow Internalisasi Budaya Anti Gratifikasi

Menggalakkan kampanye Anti Gratifikasi di lingkungan perusahaan dan anak perusahaan, PT Pupuk Indonesia (Persero) bersama …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *