Home / Berita / LinkAja Akan Luncurkan 5 Fitur Baru

LinkAja Akan Luncurkan 5 Fitur Baru

PT Fintek Karya Nusantara (Finarya) atau LinkAja semakin memantapkan diri menjadi jawara dompet digital di Indonesia. Berbeda dengan pemain dompet digital yang sudah ada, LinkAja memperluas layanan, termasuk untuk alat pembayaran transportasi.

CEO LinkAja Danu Wicaksana mengatakan pelan tapi pasti LinkAja akan berkembang menjadi dompet digital yang esensial. LinkAja berniat menjadi alat pembayaran untuk jalan tol, kereta api, bus, asuransi, dan pajak.

“Kami berharap itu ekosistem bisa terbentuk, kalau itu semua sudah nyala mungkin tanpa kasih diskon banyak pun bisa naik (pengguna dan transaksi). Tetapi memang butuh waktu,” ujar Danu ,Kamis (10/9/2019).

Berikut fitur-fitur yang akan hadir di LinkAja berdasarkan pernyataan dan wawancara dari Danu Wicaksana di acara CNBC Indonesia VIP Forum:

1. Tarik Tunai dengan LinkAja
Meski saat ini belum diluncurkan secara resmi, pengguna bisa mencoba menarik uang tunai di jaringan ATM Link, meski tidak memiliki rekening bank. Danu mengatakan hal ini dilakukan untuk menjangkau masyarakat yang belum memiliki rekening bank di daerah. Apalagi jaringan Link memiliki lebih dari 80 ribu jaringan ATM.

2. Alat Bayar Transportasi
Saat ini, LinkAja telah bisa digunakan untuk pembayaran alat transportasi, namun belum seluruhnya. Sebagian alat transportasi seperti TransJakarta, MRT dan gerbang tol masih menerima uang elektronik dalam bentuk kartu. Nantinya, LinkAja berniat bertransformasi untuk menjadi alat pembayaran alat transportasi. Dengan begitu pengguna tidak perlu membawa banyak kartu.

3. Top Up uang eletronik
Sebentar lagi top up uang elektronik bisa melalui LinkAja. Sebelum lebaran LinkAja akan meluncurkan fitur yang memfasilitasi pengisian saldo e-money keluaran bank-bank BUMN. Nantinya fitur ini bisa digunakan bagi pengguna android yang memiliki fitur NFC di ponsel, dan bisa mengisi melalui LinkAja dengan tap kartu uang elektronik.

4. Top up Saldo LinkAja dengan Aplikasi
Nantinya bagi pengguna pengguna tidak perlu top up melalui ATM atau internet banking melainkan cukup lewat aplikasi LinkAja sendiri. Hal ini dilakukan sebagai langkah sinergi dengan bank BUMN, yakni menggabungkan uang elektronik.

“Jadi nanti yang punya kartu debit tidak perlu Top Up di atm, tapi bisa langsung. Biarpun memang tidak semua nyaman dengan ini,” kata Danu. Meski demikian fitur ini masih membutuhkan waktu untuk membuat masyarakat terbiasa dengan proses ini, terutama menumbuhkan kepercayaan.

5. LinkAja sebagai Solusi bisnis
Bukan hanya pengguna perorangan yang bisa memanfaatkan LinkAja, tapi juga mitra bisnis. LinkAja menyediakan solusi penyaluran dana untuk keperluan insentif, bonus, dan reward secara digital yang mudah dan transparan.

Selama ini penyaluran dana dengan cara tunai memiliki resiko yang tinggi terkait keamanan dana saat ditarik dari bank hingga dana disalurkan. Selain itu, penyaluran dana secara tunai juga memiliki risiko fraud atau penyalahgunaan oleh karyawan terkait dan pelaporannya pun belum real time serta sulit dipertanggungjawabkan.

Sumber CNBC, edit koranbumn

Check Also

Hingga Kuartal III/2019, Total Pelanggan PLN Berjumlah 74,16 Juta

PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) terus gencar menambah jumlah pelanggan. Hingga kuartal III 2019, jumlah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *