Home / Berita / Lintas Sejarah Singkat ASDP Indonesia Ferry

Lintas Sejarah Singkat ASDP Indonesia Ferry

Tahun 1973 penyelenggaran Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan mulai dilaksanakan oleh Proyek Angkutan Sungai Danau dan Ferry (PASDF) di bawah naungan Direktorat Lalu Lintas Angkutan Sungai Danau dan Ferry Departemen Perhubungan.

Pada tahun 1980 PASDF diubah menjadi Proyek Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (PASDP). Mengemban tugas operasi pelayanan angkutan penyeberangan antar pulau, bertanggungjawab menyediakan terminal umum penyeberangan angkutan sungai danau dan ferry dan menjamin terpenuhinya keselamatan pada sistem transportasi tersebut.

Tahun 1986 PASDP bermetamorfosis menjadi Perusahaan Umum Angkutan Sungai dan Penyeberangan (Perum ASDP). Kemudian tahun 1992 Perum ASDP berubah menjadi PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (Persero). Perubahan ini mengindikasikan bahwa PT. ASDP mampu bersaing dengan perusahaan swasta dan BUMN lainnya tanpa meninggalkan fungsinya sebagai penyedia jasa angkutan penyeberangan perintis.

Pada tahun 2004 PT ASDP (Persero) berubah menjadi PT ASDP Indonesia Ferry (Persero), sebagai bagian dari proses transformasi bisnis untuk mengubah posisi perusahaan menjadi BUMN yang dapat memberikan kontribusi lebih lebih bagi Negara.

Tahun 2008 terjadi transformasi bisnis PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) yang ditandai dengan modernisasi operasional dan infrastruktur dan teknologi menuju standar internasional. Dengan motto “We Bridge The Nation”. ASDP Indonesia Ferry melangkah maju menjadi perusahaan ferry modern. ASDP Indonesia Ferry menyediakan jasa penyeberangan pulau di seluruh wilayah Indonesia dengan lebih dari 206 rute.

Di tahun 2018 yang lalu ASDP telah merevitalisasi pelabuhan penyeberangan super modern terintegrasi dengan pusat perbelanjaan yang sangat nyaman.

 

Check Also

Sinergi INTI dengan TELKOM, Kerja Sama Pemanfaatan Produk dan Layanan INTI

Tiga minggu berselang setelah penandatanganan nota kesepahaman tentang Kerja Sama Pengelolaan Aset Network Terminal Equipment …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *