Home / Berita / Literasi ADHI : Aspal Karet

Literasi ADHI : Aspal Karet

Literasi ADHI akan bercerita tentang inovasi modifikasi aspal lainnya, yakni dengan campuran material karet.

Indonesia merupakan salah satu penghasil karet terbesar di dunia. Sejalan dengan penemuan modifikasi karet sebagai material campuran aspal, Pemerintah juga merencanakan peningkatan penggunaan karet sebagai bahan baku aspal jalan nasional. Diharapkan hal ini dapat mendongkrak konsumsi karet dalam negeri yang cukup berlimpah.

Lantas, apa saja keunggulan campuran aspal karet? Sebenarnya aspal yang menggunakan material campuran karet akan lebih lentur. Selain itu jika menggunakan karet, alam dengan sendirinya, dapat meningkatkan kualitas pengerasan aspal dalam hal usia dan ketahanan terhadap air. Karenanya, kualitas aspal yang dicampur dengan karet lebih tahan lama dibandingkan aspal biasa. Kemudian, diharapkan campuran aspal karet bisa menutup jika terjadi retakan-retakan pada pondasi bawahnya.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah melakukan uji coba penggunaan karet alam pada aspal. Beberapa lokasi yang telah menggunakan aspal karet, antara lain Bogor dan Sumatera Selatan.

Sumber ADHI, edit koranbumn

Check Also

Jasa Marga Kejar Target Pembangunan Ruas Tol Manado – Bitung, Sulawesi Utara.

 PT Jasa Marga (Persero) Tbk., melalui entitas anak PT Jasamarga Manado Bitung, tengah mengejar target …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *