Home / Berita / Literasi Adhi Karya : Beton

Literasi Adhi Karya : Beton

Sebagai material utama struktur bangunan, beton dituntut bersifat kuat untuk menahan beban dalam jangka waktu yang lama. Beton biasa digunakan di segala medan termasuk air laut. Namun, air laut dapat menyebabkan durabilitas beton berkurang.

Hal ini disebabkan oleh khlorida seperti NaCl dan MgCl atau senyawa kimia berupa garam yang terkandung dalam air laut. Garam ini menyebabkan gypsum dan kalsium pada semen mudah larut. Sehingga struktur beton yang terpapar secara berangsur-angsur bisa menyebabkan besi di dalam beton mengalami korosi. Untuk itu, penggunaan beton di laut perlu perhatian khusus.

Ada beberapa cara untuk meningkatkan durabilitas beton. Diantaranya mencegah kontak langsung beton dan air laut dengan memberi lapisan pelindung. Misalnya, menempatkan logam lain sebagai pelindung katoda, yang berfungsi sebagai anoda untuk memakan karat.

Selain itu, perbaikan mutu beton dengan tambahan lateks emulsion pada campuran beton juga bisa dilakukan. Lateks emulsion ini merupakan cairah putih seperti susu yang berguna mengisi pori-pori semen dan menyatu dengan semen, sehingga dapat menekan rongga udara.

Ini merupakan bahan tambahan yang cocok untuk beton, karena tidak memerlukan curing yang lama, beton menjadi tidak rapuh dan modulus elastisitasnya lebih rendah dibanding beton normal.adhi

Check Also

Pos Indonesia Kejar Target Jadi Pusat Kegiatan Distribusi Nasional

PT Pos Indonesia berharap bisa menjadi pusat kegiatan distribusi nasional. Untuk mencapai tujuan tersebut, perusahaan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *