Home / Berita / Literasi Adhi Karya :Blasting Machine

Literasi Adhi Karya :Blasting Machine

Literasi Adhi Karya akan bercerita tentang peralatan dan perlengkapan untuk kegiatan peledakan. Peralatan peledakan adalah alat yang digunakan berulangkali dalam proses peledakan. Sedangkan perlengkapan adalah semua bahan yang digunakan hanya untuk sekali ledakan. Keduanya merujuk pada kebutuhan metode peledakan yang akan digunakan, dengan listrik atau non listrik.

Dalam kegiatan peledakan terdapat sebuah alat yang bernama “Blasting Machine”. Alat ini merupakan sumber energi listrik searah atau DC yang disertai “ohm meter” atau penguji ketahanan rangkaian, dan “reostat” atau penguji kapasitas blasting machine.

Energi searah tersebut berfungsi membangkitkan panas yang dapat menyalakan detonator, kemudian detonator yang akan meledakannya. Selanjutnya, terdapat “cap primer” atau tang khusus untuk peledakan dan kabel utama yang terdiri dari bus wire dan leading wire. Kabel ini berfungsi menghubungkan blasting machine ke rangkaian peledak listrik.

Perlengkapan peledakan terdiri detonator, sumbu api, sumbu ledak dan bahan peledak. Detonator sendiri terdiri dari detonator listrik, detonator biasa, kabel listrik dan insulator tape. Sumbu api atau safety fuse adalah perlengkapan yang dilengkapi dengan kabel penyala (igniter cord) dan konektornya (igniter cord connector).

Kemudian, ada sumbu ledak atau detonating fuse dan bahan peledak. Bahan peledak ini beragam jenisnya, ada bahan peledak mekanis, bahan peledak kimia, dan bahan peledak nuklir. Penggunaan bahan peledak disesuaikan berdasarkan kebutuhan di lapangan dan metode peledakan yang akan digunakan.

Simber ADHI, edit koranbumn

Check Also

BNI Ajukan Pinjaman Bilateral Senilai US$ 750 juta kepada Lima Bank Asing

PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) mengatakan saat ini pihaknya telah melakukan pengajuan pinjaman bilateral …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *