Home / Berita / Literasi Adhi Karya: Chipping Beton

Literasi Adhi Karya: Chipping Beton

Chipping Beton yang dilakukan di proyek LRT Jabodebek. Apa itu Chipping Beton?

Chipping beton adalah salah satu metode untuk memperbaiki kondisi beton. Kegiatan ini biasanya dikerjakan pada tahap Grouting Beton. Chipping beton dilakukan untuk menghilangkan bagian beton yang terkontaminasi atau yang menganggu kekuatan struktur beton.

Perbaikan dengan chipping beton dilakukan pada beton yang memiliki permasalahan seperti pengeroposan, korosi, honeycomb, disintegrasi dan pelapukan, beton tidak rata atau mengembung pada permukaan beton, serta retak pada plat beton. Kegiatan ini penting dilakukan untuk menjaga beton tetap baik dan kuat, sesuai dengan fungsinya.

Terdapat beberapa tahapan pada pekerjaan chipping beton. Pertama, melebarkan bagian yang keropos, sampai tebal selimut beton bertambah 1 cm, di atas dimensi tulangan terkait. Kedua, membersihkan bagian-bagian yang terkontaminasi sampai lapisan beton yang tidak terkontaminasi (bebas kontaminasi chloride) dengan indikator cairan kimia. Ketiga, mengganti baja tulangan yang korosi dengan pemotongan tulangan eksisting.

Sumber Adhi Karya, edit koranbumn

Check Also

Kinerja Sepanjang Tahun 2019, ANTAM Catatkan Capaian Operasi Dan Penjualan yang Solid

Pada Tahun 2019, Produksi (Unaudited) Feronikel ANTAM Mencapai 25.713 Ton Nikel dalam Feronikel (TNi), Tumbuh …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *