Home / Berita / Literasi Adhi Karya : Crane

Literasi Adhi Karya : Crane

Setiap pembangunan proyek konstruksi tentunya ingin agar proyek tersebut berjalan dengan lancar, tanpa kecelakaan kerja atau istilahnya Zero Accident. Namun, adakalanya terjadi kecelakaan kerja yang disebabkan berbagai faktor,contohnya seperti peralatan yang digunakan.

Berbicara mengenai peralatan, pesawat atau instalasi, ADHI akan membahas salah satu alat yang sering digunakan yakni crane, kira-kira faktor apa saja ya yang membuat terjadinya kecelakaan crane?

Kecelakaan crane dapat disebabkan oleh beberapa faktor. Salah satunya adalah beban yang diangkat melebihi Safe Working Load (SWL) yang dimiliki oleh crane tersebut. Sebagai informasi, SWL merupakan batas beban maksimum yang diijinkan untuk diangkat oleh crane.

Selain itu, ada pula persyaratan pengujian berkala yang tidak ditaati, kegiatan pemeriksaan dan maintenance/ perawatan yang tidak teratur, sehingga menyebabkan banyak bagian crane yang mengalami kerusakan. Tidak hanya itu, pentingnya sertifikasi pada operator crane juga dapat berdampak pada keselamatan. Karenanya, operator crane perlu memiliki kemampuan dan keterampilan khusus dalam mengontrol pesawat angkat dan angkut. Selanjutnya, jenis crane yang tidak sesuai juga dapat menjadi salah satu faktor penyebab kecelakaan proyek.

Sumber ADHI, edit koranbumn

Check Also

PLN Pastikan akan Evaluasi Proyek PLTU Mulut Tambang

PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) memastikan akan melakukan evaluasi kembali atas sejumlah proyek Pembangkit Listrik …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *