Home / Berita / Literasi Adhi Karya : Dinding Penahan

Literasi Adhi Karya : Dinding Penahan

Untuk memperoleh zona aman dalam melakukan pembangunan pada kawasan topografi yang bergelombang atau di kemiringan tinggi, diperlukan dinding penahan tanah.

Dinding penahan tanah dalam suatu konstruksi umumnya dirancang dengan stabil, kuat, aman dan dapat menahan gaya lateral. Sehingga dinding tanah tersebut dapat memungkinkan untuk melakukan pekerjaan konstruksi.

Dinding penahan tanah terbagi menjadi persegmen, seperti struktur bronjong dan segmental. Tak hanya itu saja, dinding penahan ada yang tertanam di dalam tanah. Hal tersebut dikenal dengan embedded walls. Konstruksinya berupa kantilever dan ditopang dengan beberapa angkur tanah, strutting baja, berm sementara dan tiang pancang miring.

Lalu, dalam penggalian untuk menahan tanah menggunakan penyangga Geotechnical Strut atau penyangga geoteknis. Penyangga ini berfungsi untuk menahan tanah karena dinding yang tidak cukup kuat untuk penggalian dalam.

Dinding penahan tanah yang diterapkan di dunia konstruksi memiliki berbagai jenis. Dinding penahan tanah digunakan sesuai dengan pengerjaan dan fungsinya.

Sumber Adhi Karya, edit koranbumn

Check Also

Hingga Kuartal III/2019, Total Pelanggan PLN Berjumlah 74,16 Juta

PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) terus gencar menambah jumlah pelanggan. Hingga kuartal III 2019, jumlah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *