Home / Berita / Literasi Adhi Karya : Geopori, Solusi Genangan Air di Jalan

Literasi Adhi Karya : Geopori, Solusi Genangan Air di Jalan

Genangan air sisa hujan menjadi masalah yang berdampak pada kerusakan jalan. Permukaan tanah yang ditutup secara penuh dengan beton dan aspal, serta kurangnya sistem drainase yang baik menjadi salah satu penyebabnya. Menanggapi masalah tersebut, ada sebuah inovasi bernama beton berpori topmix (Topmix Permable Concrete) yang dirancang mampu menyerap air.

Indonesia juga punya Topmix Permable Concrete, namaya Geopori. Material ini dapat menyerap air hingga 2.000 liter per menit per meter persegi dengan ketahanan beban sekitar 1,5 ton per meter. Teknologi yang dikembangkan oleh Dosen ITB, Prof. Dr. Ir. Bambang Sunendar ini terbuat dari limbah industri batu bara dan diperkirakan mampu bertahan hingga 40 tahun. Pengaplikasian material ini pun sama dengan beton atau aspal, yakni dengan sistem curah.

Selain keunggulan yang disebutkan di atas, Geopori juga punya kelemahan, yakni tidak bisa dilewati beban lebih dari 1,5 ton dan jika sudah tersumbat debu, pasir atau kotoran lainnya, Geopori akan kehilangan fungsinya. Inilah yang membuat perawatan Geopori menjadi cukup mahal. Kendala lainnya, yakni penggunaan bahan baku beracun (B3) atau limbah batu bara yang tidak bisa dilakukan secara bebas. Padahal memanfaatkan limbah termasuk upaya gerakan green environmental, green process dan green product.

Sumber Adhi Karya , edit koranbumn

Check Also

Bank Indonesia Proyeksikan Ekonomi Digital Sebagai Masa Depan Indonesia

Bank Indonesia (BI) menganggap ekonomi digital sebagai masa depan Indonesia. Selain itu, ekonomi digital juga …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *