Home / Berita / Literasi Adhi Karya : Grounting

Literasi Adhi Karya : Grounting

Sebelum melakukan pekerjaan dalam suatu proyek, diperlukan perencanaan yang mencakup informasi terhadap dasar pondasi bangunan. Tanah maupun dasar bangunan tidak sepenuhnya dapat memenuhi kriteria perencanaan. Agar kondisi tanah memenuhi kriteria perencanaan, maka diperlukan perbaikan atau perkuatan tanah dengan melakukan grouting.

Grouting merupakan suatu metode yang dilakukan untuk memperbaiki keadaan bawah tanah dengan memasukkan bahan dalam keadaan cair. Dalam prosesnya, bahan cair tersebut ditekan, sehingga mengisi semua retakan dan lubang di bawah permukaan tanah, kemudian bahan ini akan mengeras dan menjadi kesatuan dengan tanah yang membuat permukaan tanah menjadi stabil dan terjaga. Sebenarnya tujuan dari pekerjaan ini adalah mencegah rembesan pada pondasi serta menambah daya dukung pondasi. Selain itu, dapat menahan aliran air tanah sehingga air tidak masuk ke dalam suatu kegiatan bangunan yang sedang berjalan.

Salah satu macam grouting yaitu Sementasi Jet (Jet Grouting). Dalam proses melakukan jet grouting umumnya dengan cara mengikis tanah menggunakan jet bertekanan tinggi. Tipe ini dapat digunakan untuk melakukan penyemenan di sekeliling tiang atau pondasi.

Sumber Adhi, edit koranbumn

Check Also

Lonjakan Utang 2019, Holding Pertambangan Catat Melejit 378 Persen

Holding Pertambangan pada 2019 kemarin mencatatkan lonjakan utang. Hingga kuartal tiga 2019¬†holding¬†pertambangan mempunyai utang hingga …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *