Home / Berita / Literasi Adhi Karya : Jembatan Aizhai, Aizhar Extra Large Suspension Bridge

Literasi Adhi Karya : Jembatan Aizhai, Aizhar Extra Large Suspension Bridge

Dikenal sebagai inovator konstruksi pertama di dunia, tidak heran jika banyak bangunan di Republik Rakyat Tiongkok terbilang unik, baik dari teknologi, desain maupun lokasinya. Kali ini, ada jembatan di Tiongkok yang menarik, karena dibangun menyeberangi sebuah lembah luas yang menghubungkan dua pegunungan, yaitu Jembatan Aizhai.

Aizhar Extra Large Suspension Bridge dibangun di atas ketinggian 335 meter atau sekitar 1.102 kaki. Jembatan gantung sepanjang 1.200 meter atau 1,2 kilometer ini dibangun untuk memecah kemacetan di daerah Jishou, Provinsi Hunan, yang identik sempit dan berkelok sesuai dengan jalur pegunungan pada umumnya.

Dibangun pada 2007 dan rampung pada 2013, Jembatan Aizhai memiliki empat jalur yang terbagi menjadi dua arah untuk mobil dan truk. Di jembatan ini, pejalan kaki juga diberikan jalur khusus,Kemudian ketika melintasi jembatan ini, pengendara akan disambut dengan pemandangan Canyon Denhang di siang hari. Sedangkan pada malam hari, ada 1888 lampu yang menyala di sepanjang jembatan.

Sumber Adhi, edit koranbumn

Check Also

Mulai Oktober 2019, Penumpang Kereta Bandara Bisa Naik dari Manggarai

Stasiun Kereta Api Bandara di Manggarai, Jakarta sudah siap dioperasikan pada Oktober 2019. Dengan begitu, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *