Home / Berita / Literasi Adhi Karya : Metode Balanced Cantilever

Literasi Adhi Karya : Metode Balanced Cantilever

Sering mendengar struktur jembatan atau jalur layang,  namanya balanced cantilever. Metode balanced cantilever adalah metode pembangunan jembatan dengan memanfaatkan efek kantilever seimbangnya, sehingga struktur dapat berdiri dan mendukung beban beratnya sendiri tanpa bantuan sokongan lain dari perancah atau falsework.

Konsep utama dalam metode balanced cantilever adalah membangun struktur-struktur kantilever seimbang pertama kali, sebelum memasangkan segmen-segmen beton. Sedangkan, pembuatan segmen beton dapat dilakukan secara cast in situ (cor di tempat) atau precast (pracetak di pabrik). Untuk segmen beton pracetak, terdapat beberapa tahapan penyambungan segmen-segmen tersebut.

Segmen pracetak yang dikirim dari pabrik ke lapangan dipasang antara satu dengan lainnya. Segmen yang pertama kali dipasang adalah pier segment, dilanjutkan dengan pemasangan field segment arah depan/ belakang pier segment.

Hal ini dilakukan karena bearing belum dapat diaktifkan, maka harus diadakan tumpuan sementara untuk mendukung segmen tersebut. Setiap pemasangan segmen dilakukan dengan penyesuaian koordinat untuk garis arah horisontal dan elevasi untuk garis arah vertikal untuk kedua segmen.

Setelah itu, dilakukan grouting pot bearing yang mana grouting merupakan dudukan bearing pada pondasi jembatan dan dipasang beberapa field segment lain sampai selesai dengan satu kantilever. Nah, setelah satu buah kantilever selesai dibangun, maka kantilever tersebut disatukan dengan kantilever yang sudah terpasang sebelumnya.

Sumber Adhi Karya, edit koranbumn

Check Also

MA Lantik Lima Calon Anggota BPK Periode 2019-2024

Mahkamah Agung (MA) akan melantik lima anggota Badan Pemeriksa Keuangan yang sebelumnya telah menjalani serangkaian …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *