Home / Berita / Literasi Adhi Karya : Metode Cerucuk untuk Tanah Gambut

Literasi Adhi Karya : Metode Cerucuk untuk Tanah Gambut

Setiap karakteristik tanah memiliki perlakuan berbeda untuk mendirikan bangunan di atasnya. Lalu, bagaimana jika tanah tersebut lembek. Kali ini ADHI ingin bercerita tentang metode cerucuk sebagai pondasi untuk kondisi tanah gambut.

Pondasi cerucuk adalah jenis pondasi berupa tiang-tiang, yang didesain untuk tanah dengan elevasi muka air yang tinggi. Secara garis besar, konsepnya sama dengan pondasi pancang, dimana pilarnya ditancapkan ke dalam tanah untuk menambah daya dukung tanah agar kuat menopang bangunan. Namun, sebelum cerucuk dipasang perlu dilakukan pengukuran tekanan air tanah dengan alat Piezometer.

Kayu cerucuk dipasang dengan bantuan eskavator atau bekho. Susunan kayu tersebut dikelompokkan menjadi kepala cerucuk. Kepala ini dapat berupa pengapit, kawat pengikat, papan penutup atau balok. Proses selanjutnya adalah pemasangan tulangan untuk pengecoran dan dilanjutkan pengerjaan struktur.

Cerucuk ini juga bisa digunakan untuk memperkuat lintasan, lho! Misalnya pada proyek Jembatan Pulau Balang di Kalimantan yang sedang dibangun. Metode cerucuk kayu digunakan untuk perbaikan tanah gambut pada akses jalan alat berat.

Sumber Adhi Karya, edit koranbumn

Check Also

Waskita Karya Dapatkan Kunjungan dari Menteri Basuki Hadimuljono di Proyek Jalan Tol Cinere-Serpong

PT Waskita Karya (Persero) Tbk  mendapatkan kunjungan dari Menteri PUPR Basuki Hadimuljono di Proyek Jalan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *