Home / Berita / Literasi Adhi Karya : PDA Test atau Pile Driving Analyzer Test

Literasi Adhi Karya : PDA Test atau Pile Driving Analyzer Test

Dalam pekerjaan konstruksi, biasa dilakukan PDA Test. PDA Test atau Pile Driving Analyzer Test merupakan salah satu sistem pengujian dinamik pada pekerjaan pondasi tiang pancang atau bor.

PDA Test dilakukan dengan menggunakan metode wave analysis yang sifat pengujiannya dengan cara pemukulan ulang pondasi tiang yang diuji. Pada pengujian ini terdapat strain transducer dan acceleromater yang memberikan data digital komputer terkait kurva gaya dan kecepatan ketika tiang ditancapkan dengan palu dalam berat tertentu.

Analisa data PDA dilakukan dengan prosedur Case Method, meliputi pengukuran data kecepatan (velocity) dan gaya (force) selama pelaksanaan pengujian (re-strike) dan perhitungan variabel dinamik secara real time untuk mendapatkan gambaran tentang daya dukung pondasi tiang tunggal.

Dari pengujian ini, kita bisa mengetahui daya dukung pondasi tiang tunggal, integritas atau keutuhan tiang dan sambungan, juga efisiensi dari transfer energi pukulan hammer alat pancang.

Selain PDA, terdapat analisa lanjutan yakni CAPWAP (Case Pile Wave Analysis Program) yang merupakan salah satu metode dengan data PDA untuk memperoleh hasil pengujian lebih detail.

Dari analisa ini, dapat diperoleh informasi ketahanan ujung pondasi tiang tunggal, tahanan friksi pondasi tiang tunggal dan simulasi statik loading test. Dengan demikian, dapat disimpulkan batas kekuatan pondasi tiang apakah bersifat refusal (kondisi daya dukung belum mencapai kapasitas tertinggi) atau ultimate (kondisi daya dukung sudah mencapai kapasitas tertinggi).

Sumber Adhi Karya, edit koranbumn

Check Also

Pekerjaan Saluran Air Tembus Headrace Tunnel, Konstruksi Proyek PLTA Jatigede Capai 70 Persen

Pekerjaan top heading excavation atau penggalian saluran air di Headrace Tunnel PLTA Jatigede 2×55 MW sepanjang 2.218,73 …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *