Home / Berita / Literasi Adhi Karya : Pembangkit Listrik Tenaga Bayu

Literasi Adhi Karya : Pembangkit Listrik Tenaga Bayu

Listrik merupakan sumber energi utama yang penting dalam keberlangsungan hidup manusia. Energi listrik dapat dihasilkan dari salah satu sumber seperti angin. Berbicara energi angin, Indonesia baru saja memiliki Pembangkit Listrik Tenaga Angin atau yang dikenal dengan nama Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB).  Tidak disebut PLTA, PLTA sudah digunakan untuk pembangkit tenaga listrik air, sehingga penyebutan angin menggunakan kata bayu.

PLTB Sidrap pertama ada di Indonesia dan diresmikan pada 2 juli 2018, di Desa Mattirotasi, Kecamatan Watang Palu, Kabupaten Sidrap, Selawesi Selatan.PLTB merupakan salah satu pembangkit listrik energi terbarukan yang ramah lingkungan.

PLTB Sidrap memiliki kapasitas sebesar 75 MW dengan kecepatan angin mencapai 7 m/s. PLTB ini terdiri dari 30 buah turbin angin yang memiliki kapasitas masing-masing sebesar 2,5 MW. Dalam pembangunan konstruksinya, turbin angin membutuhkan pondasi sebagai dasar tiang penyangga. Pondasi turbin berdiameter 20 meter untuk menopang menara setinggi 80 meter.

Pondasi tersebut menjadi fokus utama untuk menopang turbin yang akan berputar selama 24 jam. Setiap turbin memiliki 3 bilah kincir dengan panjang masing-masing 57 meter dan berat 20 ton, sehingga ketinggian maksimum yang dicapai kincir adalah 137 meter. Sebagai informasi, turbin tenaga angin dan gardu induk siap untuk koneksi dengan jaringan PLN. Apabila turbin dapat beroperasi seluruhnya, PLTB tersebut mampu mengalirkan listrik sekitar 70.000 MW untuk rumah tangga di Selawesi Selatan.

PLTB juga menjadi destinasi wisata baru di Kabupaten Sidrap. Oh iya, tidak semua negara memiliki energi angin

Sumber Adhi Karya, edit koranbumn

Check Also

Peruri Gelar Best Employee & Innovation Award 2019

Peruri menyelenggarakan malam penganugerahan/awarding night kepada penerima penghargaan dan pemenang Best Employee & Innovation Award …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *