Home / Berita / Literasi Adhi Karya : Pengujian Load Test

Literasi Adhi Karya : Pengujian Load Test

Jembatan yang telah selesai pekerjaan konstruksinya akan melalui ‘load test’ atau uji beban. Pengujian ini dilakukan untuk mengetahui kekuatan dan juga respon suatu struktur ketika menerima beban sehingga dapat dipastikan kelayakan dari jembatan tersebut. Lalu, bagaimana pengujiannya?

Pengujian load test dilakukan dengan 2 cara, pertama dengan pengujian statis untuk menentukan kapasitas jembatan dengan menempatkan beban di posisi jembatan.

Kedua, pengujian dinamis dengan memberikan hantaman atau pukulan pada titik tengah jembatan setelah proses ‘unloading’. Dalam prosesnya dilakukan dengan bantuan beban truk yang diberi rintangan. Sehingga setelah ban belakang melewati rintangan tersebut dan dilakukan pengereman maka akan menghasilkan hantaman pada jembatan tersebut. Selain itu, sebelum melakukan pengujian, jembatan perlu disurvey terlebih dahulu untuk menentukan titik pemasangan sensor.

ADHI juga melakukan load test pada Jembatan Tuntang di ruas jalan Tol Bawen-Salatiga yang termasuk dalam Tol Trans Jawa untuk mengetahui keamanan dan respon jembatan ketika menerima beban. Setelah diresmikan pada tahun 2018 lalu, jembatan ini sudah bisa dilewati dan bisa dilalui saat mudik nanti.

Sumber Adhikarya, edit koranbumn

Check Also

Integrasi Loyalty Program Garuda Indonesia Group – Sriwijaya Air Group

Maskapai nasional Garuda Indonesia bersama-sama dengan Sriwjaya Air, NAM Air dan jaringan hotel Aerowisata Group, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *