Home / Berita / Literasi Adhi Karya : Pondasi Cakar Ayam

Literasi Adhi Karya : Pondasi Cakar Ayam

Pernah melihat pondasi bangunan yang mirip seperti kaki hewan ini? Pondasi ini dikenal dengan pondasi cakar ayam, yaitu pondasi yang bagian bawahnya terdapat pipa-pipa beton yang menyerupai cakar ayam. Penasaran bukan bagaimana ceritanya.

Pondasi cakar ayam umumnya diaplikasikan pada pembangunan jalan layang, jembatan besar dan landasan. Pondasi cakar ayam dibuat sebagai solusi untuk mendirikan bangunan di atas tanah yang lembek. Pondasi ini berfungsi untuk membuat kuat tanah, agar bangunan dapat berdiri dengan kokoh.

Sistem cakar ayam digagas oleh Ir. Soedijatmo pada tahun 1961. Kala itu, beliau ingin mendirikan 7 menara listrik tegangan tinggi di daerah berawa, dari Tanjung Priok menuju ke Gelanggang Olahraga Senayan, tempat pesta olahraga Asian Games 1962 berlangsung. Memahami kondisi tanah tersebut, beliau mempunyai ide untuk membangun menara listrik di atas pondasi cakar ayam yang terdiri dari plat beton. Dari situlah, lahir pondasi cakar ayam.

Sistem pondasi cakar ayam ini telah mendapat pengakuan paten internasional di 40 negara.

Sumber Adhi, edit koranbumn

Check Also

Wujud Kepedulian Pendidikan, Jamkrindo Salurkan Bantuan PKBL Berupa Taman Bacaan di SD Labuan Banten

Sebagai wujud kepedulian terhadap pendidikan, Perum Jamkrindo secara berkelanjutan memberikan bantuan di bidang pendidikan, salah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *