Home / Berita / Literasi Adhi Karya : Pondasi Jembatan

Literasi Adhi Karya : Pondasi Jembatan

Jembatan merupakan struktur yang dibuat untuk menyebrangi jurang atau rintangan seperti sungai, rel kereta api atau jalan raya. ADHI akan memberikan informasi mengenai pondasi pada jembatan.

Dalam pembangunan jembatan, tentunya dibutuhkan pondasi yang kuat dengan tujuan untuk menahan seluruh beban jembatan ke dasar tanah. Ada 3 jenis pondasi yang biasa digunakan pada jembatan sesuai dengan jenis tanah yang akan digunakan.

Diantaranya adalah pondasi langsung yaitu material bahannya terdiri dari pasangan batu kali ataupun beton bertulang yang cocok untuk jenis tanah sedang hingga keras.

Selanjutnya adalah pondasi pancang sederhana dimana material pondasi tersebut terdiri dari bahan tiang beton bertulang maupun kayu yang cocok untuk jenis tanah lunak. Yang terakhir adalah pondasi sumuran yang berarti material pondasi, bahannya terdiri dari adukan beton yang cocok untuk jenis tanah berpasir dimana tanah keras terdapat agak di dalam.

Selain jenis tanah, dalam pembuatan pondasi jembatan juga harus diperhatikan berat bangunan yang harus dipikul pondasi tersebut, lokasi dan lingkungan tempat pekerjaan, alat dan tenaga kerja yang tersedia hingga waktu dan biaya pekerjaan agar dapat berjalan tanpa hambatan.

Sumber InAdhi / edit koranbumn.com

Check Also

Tahun 2023, Road Map K3 PLN Targetkan Zero Accident

Dalam sebuah perusahaan, pengelolaan aspek Health, Safety, Security, Environment (HSSE) atau Kesehatan, Keselamatan, Keamanan, dan Lindung Lingkungan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *