Home / Berita / Literasi Adhi Karya : Pondasi Konstruksi Sarang Laba-Laba

Literasi Adhi Karya : Pondasi Konstruksi Sarang Laba-Laba

Ada pondasi karya anak bangsa yang terbukti mampu membuat bangunan tahan gempa.  Namanya pondasi konstruksi sarang laba-laba atau KSLL. Menilik riwayat saat terciptanya sistem pondasi ini oleh Ir. Ryantori dan Ir. Sutjipto pada tahun 1976-an, konstruksi KSLL tercatat sebagai sistem pondasi pertama di dunia, yang mampu memaksa tanah berfungsi sebagai struktur.

Ide ini digagas dari adanya kerusakan pada lantai dasar suatu bangunan yang seringkali mengalami penurunan, sehingga timbul keretakan di lantai, selasar maupun dinding. Untuk itu, Soetjipto dan Ryantori menggagas sistem yang menjadikan seluruh lantai sebagai pondasi yang kaku dan bisa disesuaikan dengan berbagai kondisi tanah, tentunya dengan biaya yang lebih ekonomis.

Dengan prinsip pemanfaatan tanah dan penyatuan komponen yang harmonisstruktur KSLL dibuat kokoh dan tahan gempa. Kekokohan struktur ini didapatkan dari kombinasi antara rusuk (ribs) segitiga dan campuran tanah dan pasir padat yang membuat konstruksinya menjadi kaku.

Sebab, dalam bidang teknik sipil rusuk berbentuk segitiga dikenal lebih stabil meskipun menerima tekanan (stressing), baik karena gempa atau beban berat. Nah, agar konstruksi ini semakin kuat, sebelum dipasang rusuk perlu adanya perbaikan tanah (soil improvement) terlebih dahulu. Terutama pada lahan dengan kondisi tanah yang ekstrim.

Sumber Adhi Karya, edit koranbumn

Check Also

INALUM Leadership Camp I Batch 1

INALUM kembali menunjukkan kepeduliannya dalam sektor pendidikan. Sekitar 100 mahasiswa dari 3 Perguruan Tinggi Negeri …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *