Home / Berita / Literasi Adhi Karya : Proses Pekerjaan Pengecoran

Literasi Adhi Karya : Proses Pekerjaan Pengecoran

Ada beberapa tahapan yang dilakukan pada pembuatan kolom LRT, salah satu proses yang dilakukan adalah pekerjaan pengecoran kolom. Bagaimana proses pekerjaan pengecoran tersebut dan berapa lama waktu yang diperlukan?

Pekerjaan pengecoran merupakan pekerjaan penuangan beton segar ke area bekisting yang telah diberi tulangan. Sebelum memasuki pekerjaan pengecoran tersebut, dilakukan pengecekan tulangan dan kondisi bekisting yang sudah siap.

Pekerjaan pengecekan ini dilakukan oleh seorang QC (Quality Control). Setelahnya menentukan volume area siap cor. Penentuan batas stop cor atau volume cor dilihat dari kondisi bekisting dilapangan. Selanjutnya dilakukan pembersihan area yang akan dicor menggunakan mesin air compressor.

Selain itu dilakukan juga pengujian test slump yang bertujuan untuk mengetahui nilai kelecakan suatu beton segar. Setelah semuanya dilakukan, barulah masuk ke proses penuangan beton segar kedalam area siap cor dan kemudian dipadatkan dengan mesin vibrator.

Proses pekerjaan pengecoran kolom ini memerlukan waktu 4 sampai 7 hari sampai beton tersebut sudah dapat menahan berat sendiri dan beban dari luar maka pekerjaan dapat dilanjutkan dengan proses pembongkaran bekisting.

Sumber Adhi Karya, edit koranbumn

Check Also

Krakatau Steel Kerja Sama dengan Lotte, Terkait Realisasi Investasi Pabrik Baru Lotte di Cilegon,

PT Krakatau Steel Tbk (KRAS) baru saja menandatangani perjanjian kerjasama (MoU) dengan PT Lotte Chemical …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *