Home / Berita / Literasi Adhi Karya : Proses Pengalihan Air, Pembuatan Dam/Bendungan

Literasi Adhi Karya : Proses Pengalihan Air, Pembuatan Dam/Bendungan

Bendungan atau dam adalah konstruksi yang dibangun untuk menahan laju air menjadi waduk atau danau bahkan sebagai pembangkit listrik tenaga air (PLTA) juga. Bendungan berfungsi untuk pengairan pertanian, perikanan, bahkan tempat rekreasi. Di Indonesia, bendungan banyak digunakan untuk irigasi dengan cara menaikkan muka air apabila muka air sungai lebih rendah dari muka air tanah yang akan diairi.

Selama pembuatan bendungan atau pintu air, pengalihan air biasa dilakukan. Untuk menghindari masalah seperti banjir, kekurangan air bersih dan ancaman lain bagi warga sekitar, selama kegiatan pengalihan dilakukan, Pemerintah mengeluarkan PERMEN PUPR No 26 Tahun 2015 tentang Pengalihan Alur Sungai dan/atau Pemanfaatan Ruas Bekas Sungai.

Untuk melindungi fungsinya, pengalihan air hanya bisa dilakukan berdasarkan rekomendasi teknis. Dengan tetap memperhatikan kepentingan pemakainya, mempertimbangkan aspek morfologi sungai secara keseluruhan, tetap melindungi dan melestarikan fungsi sungai dan menjamin keberlanjutan aliran tersebut. Sedangkan ruas bekas sungai yang terbentuk, harus dapat dimanfaatkan untuk keperluan konservasi, retensi banjir, pembangunan prasarana dan sarana atau budidaya.

Sumber Adhi, edit koranbumn

Check Also

Pujasera di Rest Area Jagorawi Kompak Beralih Gunakan Tabung LPG Pink

Pertamina targetkan 65 tabung LPG (Liquefied Petroleoum Gas) Bright Gas akan digunakan oleh pengusaha kuliner …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *