Home / Berita / Literasi Adhi Karya : Rumah Kontainer

Literasi Adhi Karya : Rumah Kontainer

Belakangan ini, rumah kontainer atau peti kemas menjadi tren bagi sebagian kalangan. Rumah ini cukup diminati, salah satunya sering digunakan untuk tempat tinggal pekerja proyek.

Rumah kontainer pada dasarnya dibangun untuk menjadi alternatif biaya hunian tradisional yang cukup terjangkau. Dengan bahan dasar berupa material peti atau kotak, bahan ini umumnya memenuhi persyaratan teknis sesuai dengan International Organization of Standardization (ISO).

Rumah kontainer dapat bertahan dari guncangan gempa dan bertahan hingga 50 tahun tanpa perlu khawatir dimakan rayap atau bocor. Meski begitu, rumah kontainer perlu perawatan seperti cairan khusus agar tahan terhadap korosi. Selain itu, karena berpotensi memiliki suhu di sekitar 55 derajat celcius, disarankan memasang isolator penahan panas di dalam dan di luar kontainer.

Tantangan memiliki rumah kontainer adalah pada saat mengangkut kontainernya. Beban yang besar sehingga harus diangkut dengan truk besar beroda sepuluh yang memerlukan akses jalan yang luas. Meski cukup sulit dalam mobilisasi material, rumah ini memiliki kelebihan, yakni meminimalisir bahaya bencana alam seperti kebakaran, banjir dan gempa bumi. Selain itu, pembangunannya cukup cepat karena tidak memerlukan banyak bahan bangunan.

Sumber Adhi Karya, edit koranbumn

Check Also

Kontrak Baru Adhi Karya Hingga November 2019 Anjlok, Baru Mencapai Rp 9,1 Triliun

Hingga November 2019 , PT Adhi Karya Tbk (ADHI) mencatat perolehan kontrak baru sebesar Rp …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *