Home / Berita / Literasi Adhi Karya : Shop Drawing

Literasi Adhi Karya : Shop Drawing

Dalam pelaksanaan proyek bangunan ada yang namanya gambar teknik. Sebagai anak perencana atau desainer bangunan, biasanya sudah akrab dengan Shop Drawing. Sedangkan, anak kontraktor atau pelaksana pembuat bangunan pasti kenal As Built Drawing.

Gambar shop drawing adalah gambar detil dan menyeluruh dari bangunan yang akan dibangun. Tujuannya, bangunan yang dibangun akan sama atau sesuai dengan maksud dari perencana. Sedangkan gambar as built drawing adalah gambar koreksi, perbaikan, revisi, dari gambar rencana yang ada, disesuaikan dengan permasalahan yang ada di proyek pada saat bangunan dikerjakan. Umumnya, shop drawing dibuat pada sebelum proyek dikerjakan dan as built drawing digunakan pada akhir proyek.

Sebagai informasi, biasanya kontraktor diberikan gambar yang dibuat oleh konsultan perencana atas perintah pemilik bangunan. Namun, karena gambar tersebut perlu diolah untuk menyesuaikan kondisi lapangan, maka shop drawing digunakan sebagai dasar pelaksanaan. Lalu setelah proyek selesai, para kontraktor menggunakan as built drawing sebagai laporan sesuai dengan kondisi yang sudah dikerjakan.

Sumber Adhi Karya, edit koranbumn

Check Also

Bank Indonesia Catat Perkembangan Utang Luar Negeri Indonesia per Kuartal IV/2019 Alami Perlambatan

Bank Indonesia (BI) mencatat Utang Luar Negeri (ULN) Indonesia pada akhir kuartal IV/2019 mengalami perlambatan. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *