Home / Berita / Literasi Adhi Karya : Standart Penetration Test

Literasi Adhi Karya : Standart Penetration Test

SPT atau Standart Penetration Test, adalah salah satu jenis uji tanah yang digunakan untuk mengetahui daya dukung tanah. SPT dilakukan dengan menjatuhkan batangan besi (pemukul) ke bor yang ada di dalam tanah, dan menghitung jumlah pukulan yang diperlukan untuk memperdalam lubang bor sedalam 15 cm. Semakin banyak pukulan yang diperlukan, semakin keras tanah yang sedang diteliti, dan dapat disimpulkan juga semakin besar phi ataupun kohesi dari tanah tersebut.

SPT dilaksanakan bersamaan dengan pengeboran yang dilakukan dengan teknik penumbukan. Menggunakan alat bernama Standard Split Barrel Sampler atau tabung belah standar, pengujian ini dilakukan untuk mengestimasi nilai kerapatan relatif dari lapisan tanah yang diuji.

Uji SPT dilakukan pada setiap 2m pengeboran dan dihentikan pada saat uji SPT N diatas 60 N berturut-turut sebanyak 3 kali. Pengujian terdiri atas pemukulan tabung belah dengan pali seberat 63,5 kg, yang dijatuhkan secara berulang dengan tinggi jatuh 0,76 m. Pada pemukulan pertama tabung belah dipukul hingga sedalam 15 cm. Kemudian dilanjutkan dengan pemukulan tahap kedua sedalam 30 cm dan ketiga sedalam 45. Dari pukulan kedua dan ketiga muncul nilai “N” yang merupakan manifestasi jumlah pukulan yang dibutuhkan untuk membuat tabung standar mencapai kedalaman 45 cm.

Sumber Adhi Karya, edit koranbumn

Check Also

Hingga Kuartal III/2019, Total Pelanggan PLN Berjumlah 74,16 Juta

PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) terus gencar menambah jumlah pelanggan. Hingga kuartal III 2019, jumlah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *