Home / Berita / Literasi Adhi Karya: Teknologi Vacuum Consolidation Method (VCM)

Literasi Adhi Karya: Teknologi Vacuum Consolidation Method (VCM)

Mengenal teknologi Vacuum Consolidation Method (VCM)

VCM merupakan metode pelaksanaan memperbaiki tanah lunak di bawah jalan. Metode ini dipercaya dapat mempercepat proses konsolidasi. Pada dasarnya, teknologi VCM digunakan untuk mengurangi kadar air dan kadar udara dalam tanah yang lokasi pekerjaannya merupakan daerah rawa. Selain itu, VCM juga dapat meningkatkan daya dukung tanah asli yang lunak .

Untuk proses penggunaan VCM sendiri, umumnya menggunakan Perforated Vertical Drain (PVD), yang berguna sebagai penyedot air rawa. Teknologi VCM memiliki beberapa kelebihan diantaranya, dapat menghemat penggunaan sumber daya seperti meminimalisir penggunaan alat berat, tidak memerlukan material tanah sebagai beban sementara dan teknologinya dikenal ramah lingkungan.

Sebagai informasi, teknologi VCM sudah diterapkan pertama kali di Indonesia oleh Hutama Karya. Teknologi ini digunakan pada pembangunan Tol Palembang Indralaya (Palindra) karena pembangunannya dilakukan di atas tanah rawa, sehingga memerlukan metode konstruksi secara khusus.

Sumber Adhi Karya, edit koranbumn

Check Also

Perkuat Jalinan Bisnis Perusahaan Pendukung, Elnusa Petrofin Gelar Vendor Appreciation Day

Menghadapi era VUCA saat ini Elnusa Petrofin perkuat jalinan kerjasama bisnis dengan perusahaan-perusahaan pendukungnya, melalui …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *