Home / Berita / Literasi Adhi Karya : Terowongan Terapung Bawah Air Pertama di Dunia

Literasi Adhi Karya : Terowongan Terapung Bawah Air Pertama di Dunia

Norwegia menjadi negara dengan kualitas hidup terbaik tahun 2018,  hal ini dilihat dari berbagai aspek. Salah satunya dengan kemudahan rakyatnya mendapatkan sarana transportasi. Kini, Pemerintah Norwegia sedang membangun terowongan terapung bawah air pertama di dunia. Terowongan ini akan terbentang di pantai barat Norwegia untuk rute Kristiansand hingga Trondheim sepanjang 1.100 km. Jarak tersebut biasa dihabiskan dengan waktu tempuh selama 21 jam jika menggunakan kapal feri. Itupun harus tujuh kali berganti kapal feri. Standar rute ini dianggap sangat rendah, padahal 50% barang-barang ekspor Norwegia berasal dari wilayah ini.

Untuk membangun terowongan terdalam dan terpanjang di dunia ini, pengeboran bebatuan di dasar laut dilakukan pada kedalaman 392 meter dan panjang 27 kilometer. Terowongan ini dibuat dengan beton yang ditopang oleh kabel yang dikaitkan ke dasar laut atau ditambatkan ke ponton dengan ruang lebar agar tetap bisa dilintasi kapal. Inilah yang membuatnya terapung di lautan.

Dibangunnya terowongan ini dianggap mampu mengurangi kebisingan lalu lintas dan meminimalir dampak pemandangan karena strukturnya tidak terlihat. Namun, jembatan apung tidak bisa berfungsi untuk semua kondisi, karena sangat rentan pada cuaca buruk seperti gelombang dan arus laut yang kuat. Risiko lain yang mungkin dihadapi seperti ledakan, kebakaran dan kelebihan muatan, juga dapat terjadi. Karenanya, Pemerintah Norwegia secara serius menganalisis kemungkinan risiko tersebut.

Sumber Adhi Karya, edit koranbumn

Check Also

Tahun 2020 Rasio Belanja Modal TELKOM Menurun, Nominal Tetap Lebih Besar dari Tahun Sebelumnya

PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM) memasang rasio belanja modal terhadap pendapatan (capex to revenue) yang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *