Home / Berita / Literasi Adhi Karya :  Tol Bali Mandara

Literasi Adhi Karya :  Tol Bali Mandara

Tol Bali Mandara merupakan Tol yang dibangun pada Maret 2012 ini merupakan salah satu upaya untuk mengurai kemacetan di kawasan segitiga emas, yaitu Sanur, Ngurah Rai dan Benoa.

Pembangunan tol ini dibagi menjadi 4 paket, diantaranya paket 1 sepanjang 2,97 km oleh ADHI, paket 2 dan paket 4 oleh Waskita Karya dan paket 3 oleh Hutama Karya. Mengusung konsep ‘Rancang Bangun’ seluruh kegiatan konstruksi, mulai dari survey, perancangan desain, pelaksanaan pekerjaan konstruksi dan pengawasan dilakukan oleh para kontraktor langsung.

Pembangunan Tol Bali Mandara dimulai dengan pemancangan tiang sepanjang 12 meter dengan hammer beton. Beberapa tiang pancang kemudian dihubungkan dengan pile head sebagai dudukan pelat . Untuk memperkuat pondasi tiang pancang untuk jembatan, “ring team” dipasang agar tiang lebih kaku dan stabil untuk menahan gempa.

Selanjutnya adalah pemasangan beton girder sepanjang 30 meter yang diangkut dengan crane. Setelah slab terpasang, pembatas jalan juga dipasang. Kemudian dilakukan perkerasan lentur dengan alat berat pengolahan aspal asphalt paver , tandem roller (salah satu jenis compactor untuk memadatkan tanahdengan roda besi) untuk pemadatan dan meratakan. Tahap akhir adalah penyempurnaan yang meliputi pengecatan batas jalan, pembuatan gerbang tol berbahan baja dan tambahan marka jalan.

Kini, Tol Bali Mandara sudah berdiri dan fungsinya mulai terasa. Meskipun sempat terkendala oleh mobilisasi material, pasang surut air laut, badai dan lainnya, namun proses pembangunan bisa rampung dalam waktu 14 bulan.

Sumber ADHI KARYa, edit koranbumn

Check Also

Pemkot Bandung Percepat Serah Terima Pengerjaan Tahap II Stadion GBLA dari Adhi Karya

Pemerintah Kota Bandung akan mempercepat proses penyerahan tahap kedua pengerjaan Stadion Gelora Bandung Lautan Api …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *