Home / Berita / Literasi Adhi Karya : Tunnel Boring Machine

Literasi Adhi Karya : Tunnel Boring Machine

Metode pembuatan terowongan salah satunya adalah penggalian dengan alat bernama Tunnel Boring Machine atau TBM. Alat ini berguna untuk menggali terowongan pada wilayah bebatuan lunak dan batuan keras. Diameter dimulai dari 1 meter hingga 19 meter, TBM dilengkapi dengan mata bor yang tersebar di sekeliling permukaan kepala bor. Kepala bor ini nantinya berputar bergerak maju, untuk menggerus batuan dan melubanginya hingga menjadi terowongan.

TBM merupakan alternatif dari metode pembuatan terowongan dengan melakukan pengeboran dan peledakan. TBM biasa digunakan untuk membuat terowongan bawah laut, kereta api, atau tambang bawah tanah. Terowongan yang digali dengan TBM akan memiliki permukaan yang rata, sehingga tidak perlu lagi adanya finishing.

TBM juga telah digunakan di Indonesia,Salah satunya pada proyek pembangunan terowongan jalur bawah MRT Jakarta. DenganTBM jenis Earth Pressure Balance (EPB), mesin bor mampu melakukan pengeboran sepanjang 12-18 meter per hari.

Selain menggerus tanah, TBM juga berfungsi memasang segmen beton pada waktu bersamaan. Setiap TBM bergerak maju sekitar 1,7 meter mesin akan secara otomatis memasang beton terowongan. Setelah beton terpasang, TBM akan kembali bergerak maju, hingga proses pembuatan terowongan selesai.

Sumber Adhi Karya, edit koranbumn

Check Also

Kinerja Sepanjang Tahun 2019, ANTAM Catatkan Capaian Operasi Dan Penjualan yang Solid

Pada Tahun 2019, Produksi (Unaudited) Feronikel ANTAM Mencapai 25.713 Ton Nikel dalam Feronikel (TNi), Tumbuh …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *