Home / Berita / Literasi Adhi Karya : Uji Sondir atau Soil Test.

Literasi Adhi Karya : Uji Sondir atau Soil Test.

Dari banyaknya kegagalan konstruksi yang terjadi seperti bangunan roboh, salah satu penyebabnya adalah kurang diperhatikannya kondisi lingkungan sekitar, khususnya kekuatan tanah. Untuk itu, kontraktor perlu menganalisis tanah dengan uji sondir atau soil test.

Uji sondir merupakan kegiatan pengujian tanah yang bertujuan untuk mengetahui letak kedalaman tanah keras. Dengan pengujian ini, engineer dapat memperkirakan seberapa kuat tanah tersebut dalam menahan beban yang akan berdiri di atasnya. Tes ini dilakukan sebelum pembangunan pondasi, sehingga bisa diperkirakan jenis pondasi apa yang efektif untuk karakter tanah di lingkungan tersebut.

Untuk pengujian sondir diperlukan alat yang namanya sondir. Berbentuk silindris dengan ujungnya yang berupa kerucut, alat ini merupakan representase dari model tiang pancang, tetapi dalam skala kecil. Uji sondir saat ini merupakan salah satu uji lapangan yang dilakukan oleh praktisi dan pakar geoteknik. Kegiatan ini sangat penting untuk pendugaan pelapisan tanah terhadap kedalaman, karena jenis perilaku tanah dapat diidentifikasi dari kombinasi hasil pembacaan tahanan ujung dan gesekan selimut dari alat sondir tersebut.

Sumber Adhi , edit koranbumn

Check Also

PKBL DAHANA Meraih Penghargaan Sebagai Mitra Pembangunan Kabupaten Subang

PT DAHANA (Persero) meraih penghargaan sebagai Mitra Pembangunan Kabupaten Subang melalui Program Corporate Social Responsibility …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *