Home / Berita / Literasi ADHI : Konstruksi Melayang LRT

Literasi ADHI : Konstruksi Melayang LRT

Dalam dunia konstruksi terdapat tiga tipe struktur konstruksi jalan. Diantaranya struktur di tanah, struktur melayang dan struktur di bawah tanah. Pemilihan tipe konstruksi ini didasari oleh berbagai pertimbangan. Lalu, mengapa LRT Jabodebek dibangun melayang?

Di Jakarta, salah satu permasalahan utama kemacetan lalu lintas adalah banyaknya perlintasan sebidang. Untuk mengurai kemacetan, pembangunan LRT Jabodebek dipertimbangkan secara melayang agar menghilangkan kebutuhan perlintasan sebidang dengan jalan.

Sehingga kapasitas jalan bisa lebih tinggi karena tidak ada gangguan kereta lewat. Selain itu, frekuensi perjalanan kereta dapat lebih maksimal tanpa mengganggu jalur lalu lintas lain dan mampu menghindari kecelakaan lalu lintas yang sering terjadi.

Seperti yang kita ketahui, terdapat banyak flyover dan JPO di berbagai ruas jalan di Jakarta. Untuk menjaga keharusan kelandaian minimum jalur, LRT Jabodebek dibuat melayang agar perjalanan tidak perlu dilalui dengan ritme naik turun, sehingga lebih nyaman bagi para penumpang.

Selain itu, lintasan naik turun ini memungkinkan adanya pemborosan biaya operasional dan biaya perawatan.

Sumber ADHI, edit koranbumn

Check Also

Masjid Terbesar di Wilayah Sumatera, Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah Segera Rampung

Bagi yang tinggal di daerah Batam, Kepulauan Riau. Sebab, Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah atau …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *