Home / Berita / Literasi ADHI Mengenal Ekskavator

Literasi ADHI Mengenal Ekskavator

Mendengar kata Ekskavator, sudah tidak asing dengan alat berat ini.  Pasti sering menemukan alat berat tersebut.  Literasi ADHI akan mengenalkan bagian-bagian yang ada pada ekskavator.

Bagian pertama “Bucket” berupa keranjang berfungsi untuk menunjang fungsi utama ekskavator yaitu untuk mengeruk. Selanjutnya ada “Bucket Cylinder”, merupakan aktuator sistem hidrolik yang berbentuk silinder yang berfungsi untuk menggerakan bucket agar bisa bergerak mengayun.

Sedangkan “Arm” atau lengan, berfungsi untuk mengayunkan bucket lebih jauh. Berkat adanya lengan ini, jarak ayunan bucket bisa lebih jauh sehingga mampu menunjang fungsi lebih luas. Untuk menggerakan arm agar bisa mengayun merupakan tugas dari “Crowd cylinder” yang berupa aktuator hidrolik berbentuk tabung dan terletak pada boom ekskavator.

“Boom” sendiri adalah lengan besar yang terhubung langsung ke ekskavator berfungsi untuk mengayunkan arm lebih jauh lagi, sehingga jangkauan gerak bucket bisa lebih jauh pula. Sama seperti crowd cylinder, “Boom Cylinder” juga digunakan untuk menggerakan boom naik dan turun.

Bagian “Cabin”, merupakan ruang pengoperasian untuk mengendalikan ekskavator. Pada bagian belakang badan ekskavator, terdapat “Engine” yang digunakan sebagai sumber penggerak. Lalu ada “Slew Ring”, berfungsi sebagai engsel antara badan ekskavator dengan track, sehingga dapat berputar 360 derajat.

Menuju ke bagian bawah, terdapat “Track” yang merupakan kaki ekskavator yang terbuat dari rantai besi mirip tank. Ini dimaksudkan agar ekskavator mampu bergerak pada medan curam sekalipun. Nah yang terakhir, “Tensioner” merupakan batang besi sebagai rangka roda ekskavator.

Sumber InAdhiKarya / edit koranbumn.com

Check Also

Jasa Marga Kejar Target Pembangunan Ruas Tol Manado – Bitung, Sulawesi Utara.

 PT Jasa Marga (Persero) Tbk., melalui entitas anak PT Jasamarga Manado Bitung, tengah mengejar target …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *