Home / Berita / Literasi ADHI : Plaxis

Literasi ADHI : Plaxis

Sebelum memulai suatu proyek, seorang engineer biasanya membuat perencanaan dan melakukan survey lokasi. Salah satunya ialah survey kondisi geografis dan kestabilan tanah atau analisa geoteknik. Hal ini wajib dilakukan agar engineer bisa menentukan pondasi yang ideal untuk bangunan.

Untuk memudahkan kegiatan analisa, terdapat program yang biasa digunakan oleh engineer yaitu Plaxis. Plaxis adalah program aplikasi komputer yang digunakan untuk menganalisa deformasi dan stabilitas geoteknik. Program ini mampu mensimulasikan suatu kondisi di lapangan untuk mengimplementasikan tahapan pelaksanaan di lapangan ke dalam tahapan pengerjaan pada program. Ini dilakukan untuk memprediksi kondisi sebenarnya yang akan terjadi di lapangan.

Meski dilengkapi dengan beberapa peralatan untuk simulasi bagian-bagian konstruksi, pengguna program ini juga harus menguasai teori dari konsep mekanika tanah dan rekayasa pondasi. Hal ini agar Plaxis bisa melakukan kalkulasi dan memberikan output dari data yang diberikan penggunanya. Seperti misalnya, analisa penurunan akibat beban, konstruksi galian di atas muka air, konstruksi tanggul sungai, galian kering dengan angkur, konstruksi timbunan untuk jalan, konstruksi terowongan dan lainnya.

Sumber ADHI, edit koranbumn

Check Also

Proyek Waskita Karya, Jalan Tol Japek II Elevated Mendapatkan Kunjungan dari Menteri Budi Karya Sumadi

PT Waskita Karya (Persero) Tbk mendapatkan kunjungan dari Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di Proyek …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *