Home / Berita / Literasi ADHI : Sistem Landasan Putar Bebas Hambatan

Literasi ADHI : Sistem Landasan Putar Bebas Hambatan

Literasi ADHI mengenai Sistem Landasan Putar Bebas Hambatan (LPBH) atau yang biasa dikenal dengan teknologi konstruksi “Sosrobahu”? Teknik ini dipakai untuk membangun bahu lengan beton jalan raya. Penggunaan teknik konstruksi ini membuat proses pembangunan jalan tidak mengganggu arus lalu lintas, lho Sobat!

Pada teknik Sosrobahu, lengan jalan layang ditempatkan sejajar dengan jalan yang ada di bawahnya kemudian diputar 90 derajat. Keterbatasan area yang ada di kota-kota besar, menjadi alasan digunakannnya teknik Sosrobahu. Hal ini karena penggunaan teknologi konstruksinya dapat membantu arus lalu lintas tanpa harus menutup jalan saat proyek berlangsung.

Penemu dari konstruksi Sosrobahu ini adalah Ir. Tjokorda Raka Sukawati. Beliau terinspirasi dari benda yang terbilang sederhana dan biasa digunakan, yakni dongkrak hidrolik mobil. Tjokorda kemudian membuat percobaan awal dengan menggunakan silinder bergaris tengah 20cm. Silinder inilah yang berfungsi sebagai dongkrak hidrolik, kemudian ditindih dengan beban beton 80 ton.

Sumber InADHI/ edit koranbumn

Check Also

Kemandirian Ekonomi di Bidang Industri Bahan Peledak, JVA Antara DAHANA dan Pupuk Kaltim Bangun Pabrik AN Tahun Ini

Masyarakat Indonesia layak berbangga, karena sesaat lagi bangsa ini akan memiliki Pabrik Amonium Nitrat yang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *