Home / Berita / Literasi ADHI : SLJ900/32

Literasi ADHI : SLJ900/32

Pernah ada yang melihat alat berat namanya SLJ900/32, alat ini digagas oleh negara Republik Rakyat Tiongkok (Cina) untuk membantu mempercepat pekerjaan konstruksi berupa jembatan atau jalur layang.

Alat sepanjang 92 meter ini biasa dijuluki sebagai Iron Monster oleh masyarakat Republik Rakyat Tiongkok (Cina). Iron Monster adalah mesin serba guna yang mampu membawa, mengangkat dan menempatkan beton agar bisa terhubung dari pilar satu ke pilar lainnya. Secara keseluruhan, alat ini mampu membawa beban sebesar 900 ton.

Iron Monster memiliki cara kerja yang unik. Alat seberat 580 ton ini mampu mengangkat dirinya sendiri dan mengangkat beton material jalan layang. Ketika beroperasi dengan muatan penuh, alat ini mampu bergerak secepat 5 km/jam atau 8 km/jam apabila tanpa muatan. Penggunaannya cukup efektif karena tidak perlu crane besar, tidak merusak tanah dan lingkungan sekitar.

Di Republik Rakyat Tiongkok (Cina), Iron Monster ini biasa digunakan untuk proyek pembangunan jalur melayang atau elevated bagi kereta api berkecepatan tinggi, lho! Karena memiliki beban yang lebih besar daripada beban kereta api, setiap jalur kereta yang dibuat dengan Iron Monster diyakini memiliki struktur yang kuat, sebab pernah menopangnya.

Sumber ADHI, edit koranbumn

Check Also

Gairahkan Ekonomi Serta Iklim Investasi, PLN Jalin Kerja Sama dengan Pemprov Sulawesi Selatan

Guna memperkuat sinergitas dalam meningkatkan gairah ekonomi serta iklim investasi, PLN Unit Induk Wilayah (UIW) …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *