Home / Berita / LIterasi Indra Karya : Manajemen Konstruksi

LIterasi Indra Karya : Manajemen Konstruksi

Manajemen konstruksi adalah proses penerapan fungsi manajemen (perencanaan, pelaksanaan & penerapan) secara sistimatis pada suatu proyek agar tercapai tujuan proyek secara optimal.

Manajemen konstruksi meliputi mutu fisik konstruksi, biaya & waktu. Manajemen material & manjemen tenaga kerja yg akan lebih ditekankan. Hal itu dikarenakan manajemen perencanaan berperan 20% dan sisanya manajemen pelaksanaan termasuk pengendalian biaya & waktu proyek.

Manajemen konstruksi memiliki beberapa fungsi antara lain :

1. Sebagai Quality Control
2. Mengantisipasi terjadinya perubahan kondisi lapangan yg tidak pasti & mengatasi kendala terbatasnya waktu
3. Memantau prestasi & kemajuan proyek yg telah dicapai, hal itu dilakukan dengan opname (laporan) harian, mingguan & bulanan
4. Hasil evaluasi dapat dijadikan tindakan pengambilan keputusan terhadap masalah yg terjadi
5. Fungsi manajerial dari manajemen merupakan sistem informasi yg baik untuk menganalisis performa. Sehingga tugas utama dari seorang Team Leader Proyek Manajemen Konstuksi adalah bertanggung jawab untuk mengelola operasional proyek, & menjembatani berkaitan hal teknis, non-teknis serta unsur-unsur lain yg terkait dengan peraturan & perundang-undangan yg berlaku antara pemberi kerja (owner), & kontraktor dari proses awal perencanaan hingga penyerahan proyek.

Sumber Indra karya

Check Also

LAZIS PTPN VII Selenggarakan Sosialisasi Penyaluran Zakat

Lembaga Amil Zakat, Infak, dan Shodaqoh (LAZIS) PTPN VII terus  melaksanakan kegiatan sosialisasi mengenai mekanisme penghimpunan zakat, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *