Home / Berita / Literasi ITDC : Begasingan

Literasi ITDC : Begasingan

Siapa yang waktu kecil pernah memainkan permainan gasing? Ya, bagi sebagian besar orang, permainan gasing pasti sudah tidak asing lagi di telinga kita.

Begitupun dengan masyarakat Suku Sasak di Lombok. Permainan gasing atau yang lebih dikenal dengan nama Begasingan adalah salah satu permainan tradisional masyarakat Suku Sasak Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) yang diwariskan secara turun temurun, dari generasi ke generasi.

Permainan tradisional ini memang juga dikenal di beberapa wilayah lain di Indonesia. Hanya saja, Gasing orang sasak ini berbeda, baik bentuk maupun aturan permainannya. Gasing besar, mereka namai pemantok, digunakan untuk menghantam gasing pengorong atau pelepas yang ukurannya lebih kecil.

Begasingan berasal dari kata gang yang artinya “lokasi”, dan dari kata sing artinya “suara”. Permainan ini merupakan salah satu permainan yang mempunyai unsur seni dan olah raga, dan seringkali dimainkan dengan cara berkelompok.

Nilai-nilai yang berkembang dalam permainan selalu mengedepankan rasa saling menghormati dan rasa kebersamaan, serta selalu menjunjung tinggi nilai-nilai luhur yang menjadi kebanggaan dan jati diri.

Nah, sebenarnya banyak sekali, ya, permainan-permainan tradisional kita yang memiliki nilai luhur di dalamnya? Sayangnya, mungkin saat ini sudah jarang sekali dimainkan oleh anak-anak jaman sekarang. Yuk, mari kita terus lestarikan permainan tradisional agar kebudayaan kita yang satu ini tidak ikut punah.

Sumber ITDC, edit koranbumn

Check Also

Perkuat Jalinan Bisnis Perusahaan Pendukung, Elnusa Petrofin Gelar Vendor Appreciation Day

Menghadapi era VUCA saat ini Elnusa Petrofin perkuat jalinan kerjasama bisnis dengan perusahaan-perusahaan pendukungnya, melalui …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *