Home / Berita / Literasi ITDC : Community Based Tourism

Literasi ITDC : Community Based Tourism

Community Based Tourism adalah sebuah konsep pariwisata, di mana pengelolaan obyek pariwisata dilakukan oleh masyarakat setempat dari tahap perencanaan, pengembangan, dan pelaksanaan.

Melalui pemberdayaan masyarakat untuk mengelola obyek pariwisatanya sendiri, masyarakat tersebut diuntungkan secara langsung. Selain itu, kearifan budaya dan kekayaan lingkungan di lokasi community based tourism juga terjaga karena menjadi atraksi utama pariwisata di lokasi tersebut.

Konsep ini telah diterapkan di berbagai area di Indonesia, termasuk di desa wisata di Bali lho. Salah satunya adalah Desa Wisata Pinge yang adalah desa wisata binaan ITDC.

Di Desa Wisata Pinge, pengunjung bisa belajar tarian Bali dari para pemuda-pemudi yang berasal dari Desa Pinge. Wisatawan juga bisa mencoba kuliner khas Bali, yang dihidangkan oleh penduduk setempat. Bahkan, pada kunjungan ITDC ke desa Pinge, penduduk mengajarkan cara membuat sate lilit, yaitu kuliner khas Bali, ketika berkunjung ke Desa Pinge

Sumber ITDC, edit koranbumn

Check Also

Pupuk Indonesia Bersama KPK Gelar Roadshow Internalisasi Budaya Anti Gratifikasi

Menggalakkan kampanye Anti Gratifikasi di lingkungan perusahaan dan anak perusahaan, PT Pupuk Indonesia (Persero) bersama …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *