Home / Berita / Literasi OJK : Lembaga Jasa Keuangan

Literasi OJK : Lembaga Jasa Keuangan

Lembaga jasa keuangan lainnya yang ada di Indonesia., yakni

1.Pergadaian
Pergadaian mempunyai fungsi untuk membantu pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat golongan menegah ke bawah dan melaksanakan usaha lain dalam rangka optimalisasi sumber daya perusahaan.

2. Lembaga Keuangan Mikro
Lembaga keuangan mikro hadir untuk melayani kebutuhan keuangan pasar yang belum terlayani sebagai sarana mencapai tujuan pembangunan. Beberapa jenis lembaga keuangan mikro antara lain Badan Kredit Desa, Lembaga Dana Kredit Pedesaan dan Baitul Maalwat Tamwil.

3. Perusahaan Penjaminan
Untuk mengatasi permasalahan akses UMKM terhadap sumber pendanaan, perusahaan penjaminan diperlukan untuk menjembatani akses UMKM ke Perbankan, khususnya UMKM yang feasible namun belum bankable.

4. Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia
Salah satu tujuan dibentuknya Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonsia adalah untuk menyediakan skema pembiayaan ekspor yang terpadu dalam rangka mendorong pengembangan ekspor.

5. Perusahaan Pembiayaan Sekunder Rumah
Ini merupakan lembaga keuangan berbentuk perseroan terbatas yang didirikan untuk melakukan kegiatan usaha di bidang pembiayaan sekunder perumahan, seperti penyaluran dana jangka menengah dan panjang ke kreditor asal dengan melakukan sekuritisasi.

6. Financial Technology
Industri pinjaman dalam jaringan (online) hadir di Indonesia untuk membantu UMKM dalam mendanai bisnisnya sehingga dapat lebih berkembang dan bersaing. Targetnya adalah masyarakat dan UMKM yang secara bisnis layak didanai, tetapi tidak dapat mengakses perbankan (unbankable).

Lebih lanjut tentang lembaga jasa keuangan lainnya? Kunjungi website www.sikapiuangmu.ojk.go.id, pada sub menu ‘Materi dan Alat’ atau mengunjungi http://sikapiuangmu.ojk.go.id/FrontEnd/LiterasiPerguruanTinggi/

Check Also

Puncak Peringatan HUT DAHANA ke-53 Digelar di Bale DAHANA

Puncak rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun PT DAHANA (Persero) ke-53 digelar di Bale DAHANA. Acara …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *