Home / Berita / Literasi Perikanan Nusantara : Ikan Kembung

Literasi Perikanan Nusantara : Ikan Kembung

Ikan Kembung adalah nama sekelompok ikan laut yang tergolong ke dalam marga Rastrelliger. Meskipun bertubuh kecil, ikan ini masih sekerabat dengan tenggiri, tongkol, tuna, madidihang, dan makerel. Di Ambon, ikan ini dikenal dengan nama lema atau tatare, di Makassar disebut banyar atau banyara. Dari sini didapat sebutan kembung banjar.

Ikan kembung merupakan jenis ikan yang aktif di siang hari (diurnal) yang banyak terdapat pada lapisan pelagis yaitu lapisan yang paling banyak terdapat cahaya matahari. Ikan – ikan pelagis umumnya muncul kepermukaan sebelum matahari terbenam dan biasanya mereka membentuk kelompok.

Penyebaran ikan kembung berdasarkan ruang dan waktu berhubungan erat dengan pencarian makanan dan pemijahan. Salah satu makanan utama ikan kembung yaitu dari jenis zooplankton, sehingga penyebaran ikan kembung mengikuti pergerakan horizontal dan vertikal dari plankton tersebut.

Arah arus dapat menjadi penghalang bagi penyebaran jenis ikan tertentu, tetapi untuk jenis ikan lainnya arah arus menjadi bantuan bagi penyebarannya. Ikan-ikan perenang bebas seperti ikan kembung, ikan terbang, ikan tongkol, tengiri dan lain-lain dapat bergerak melawan arus, sehingga arus tidak menjadi penghalang melainkan membantu penyebarannya.

Kedalaman kelompok ikan-ikan pelagis banyak ditentukan oleh susunan suhu secara vertikal. Dengan pengertian bahwa ikan pelagis akan berenang sedikit ke sebelah dalam pada saat suhu permukaan lebih tinggi dari pada biasanya. Ikan kembung merupakan ikan pelagis, epipelagis dan neritik serte menyukai daerah yang memiliki suhu minimum 17 derajat celcius dan suhu optimum 20 – 30 derajat celcius.

Sumber Perikanan Nusantara, edit koranbumn

Check Also

Pupuk Indonesia Bersama KPK Gelar Roadshow Internalisasi Budaya Anti Gratifikasi

Menggalakkan kampanye Anti Gratifikasi di lingkungan perusahaan dan anak perusahaan, PT Pupuk Indonesia (Persero) bersama …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *