Home / Berita / Literasi Perum Perumnas : Rumah Perumnas Pertama

Literasi Perum Perumnas : Rumah Perumnas Pertama

Rumah Perumnas yang pertama kali dibangun di Indonesia ada di Kota Depok.

Dulu, Depok hanya sebuah kecamatan dan banyak masyarakat yang masih ragu untuk menjadikan Depok sebagai kawasan pemukiman. Bahkan banyak yang menyebut Depok sebagai tempat jin buang anak. Sekarang, siapa yang nggak tau Depok? Sekarang Depok terkenal sebagai pusat pendidikan, hiburan, dan kuliner.

Saat itu, Depok dijadikan tempat didirikannya rumah pertama Perumnas di tahun 1975 karena ketersediaan lahan di Depok cukup banyak. Perumnas Depok juga bentuk uji coba perumahan yang diperuntukkan bagi wartawan di lahan seluas 113 hektar. Tepatnya di daerah Beji, Depok Utara, Pemerintah menargetkan Perumnas membangun 70 ribu rumah selama 5 tahun dengan tipe 36, 45, dan 70.

Setelah membangun Perumnas Depok I, Pemerintah pun melanjutkan pembangunan Perumnas Depok II di Sukmajaya dengan luas lahan 117 hektar.

Di tahun 1976 saat peresmian Perumnas Depok I, penduduk Depok jumlahnya hanya sekitar 100 ribu jiwa. Kini jumlah penduduk Kota Depok sudah mencapai lebih dari 1,9 juta jiwa.

Sumber Perumnas, edit koranbumn

Check Also

Jalin Sinergi Aliansi Perguruan Tinggi BUMN Membentuk BUMN Universities

Sebagai komitmen Pertamina untuk melakukan sinergi BUMN, Pertamina ikut serta dalam kegiatan penandatanganan perjanjian kerja …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *