Home / Berita / Literasi TWC : Candi Sewu

Literasi TWC : Candi Sewu

Ketika kita berbicara tentang candi, banyak yang akan langsung teringat dengan dua candi paling terkenal di Indonesia, yaitu Candi Borobudur dan Candi Prambanan. Padahal, jika kamu berkunjung ke DI Yogyakarta, masih ada cukup banyak candi lain yang tidak kalah menarik. Salah satunya yaitu, Candi Sewu yang merupakan candi Budha terbesar kedua di Indonesia.

Candi Sewu ini sebenarnya tidak kalah menarik dari Candi Borobudur. Apalagi, lokasi yang berdekatan dengan Candi Prambanan, sebenarnya mempermudah wisatawan jika ingin mengunjunginya. Ada berbagai keunikan dari candi ini yang belum banyak diketahui oleh masyarakat umum, bahkan mungkin oleh kamu yang pernah mengunjungi candi ini.

Salah satunya menurut situs resmi Kemendikbud, Candi Sewu merupakan kompleks candi Budha terbesar di Indonesia. Candi Sewu memiliki sekitar 249 candi dan 8 Arca Dwarapala. Bahkan, hal ini juga sudah diakui oleh UNESCO sebagai situs warisan dunia.

Selain itu, meskipun bernama Candi Sewu, bukan berarti jumlah candinya ada seribu. Penamaan ini berkaitan erat dengan sejarah Rara Jonggrang yang minta dibuatkan candi berjumlah 1000. Sayangnya, sampai saat ini proses pemugaran belum sepenuhnya selesai. Sebab, membutuhkan waktu hingga 1 tahun untuk bisa memugar 1 candi berukuran kecil. Sementara, candi yang harus dipugar berjumlah ratusan.

Candi Sewu yang berjarak sekitar 800 meter utara Prambanan,dibangun pada abad ke-8. Candi yang terletak di lembah Prambanan ini merupakan salah satu situs yang banyak tersebar di kawasan tersebut. Hal ini menunjukkan bahwa kawasan ini merupakan kawasan penting artinya dalam sektor keagamaan, politik, dan kehidupan urban masyarakat Jawa Kuna.

Sumber TWC, edit koranbumn

Check Also

Home Made IT Service, Bangun Kemandirian Teknologi Pelindo III

Perkembangan Revolusi Industri 4.0 menjadi perhatian Direktur Utama Pelindo III Doso Agung dalam pengelolaan pelabuhan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *