Home / Berita / Literasi TWC : Kamadhatu

Literasi TWC : Kamadhatu

Candi Borobudur yang merupakan salah satu dari tujuh keajaiban dunia ternyata menyimpan banyak ilmu pengetahuan yang layak untuk kita ketahui. Mulai dari bentuk ukirannya, struktur bangunannya, filosofinya dan lain-lain. Candi ini berbentuk prisma yang memiliki anak-anak tangga yang mencapai ratusan hingga mencapai puncaknya.

Bagian Kamadhatu berada di bagian paling luar, yang artinya susunan paling bawah di Candi Borobudur. Kamadhatu melambangkan ranah dari hawa nafsu, tempat bersemayamnya manusia dengan segala sifatnya.

Pada bagian Kamadhatu ini, terdapat stupa yang berjumlah total 1545 stupa. Stupa yang besar berjumlah 73 stupa sedangkan sisanya berupa stupa kecil yang berjumlah 1472. Bila Anda melihat lebih dekat, Kamadhatu terukir sekitar 160 relief yang melukiskan adegan-adegan yang menggambarkan hukum karma.

Pada kamadatu terdapat relief karmawibangga, yaitu suatu hukum sebab akibat, yang merupakan hasil perbuatan manusia. Pada bagian ini menggambarkan manusia terikat pada hasrat , kemauan dan hawa nafsu.

Di candi Borobudur, kehidupan keseharian manusia mendapatkan tempat paling bawah. Hal ini merupakan cerminan segala hawa nafsu yang bertentangan dengan ideologi dari sang Buddha. Secara simbolis, hal tersebut mengandung arti bahwa tingkat manusia dalam usia muda, relatif untuk tergoda oleh kesenangan duniawi, yang bersifat hedonis, rekreatif, dan egoistis.

Sumber TWC, edit koranbumn

Check Also

Siasati Ketergantungan PLTA, Kamboja Minati Pembangkit Listrik Apung Buatan PAL

¬†Kamboja tertarik pada pembangkit listrik apung buatan Indonesia untuk menyiasati ketergantungan pada pembangkit listrik tenaga …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *