Home / Berita / Literasi TWC : Konservasi Tubuh Candi

Literasi TWC : Konservasi Tubuh Candi

Peninggalan-peninggalan yang memiliki nilai sejarah, arsitektur dan atau budaya perlu dilindungi dan dilestarikan. Jika tidak, peninggalan tersebut akan kehilangan identitas dan estetikanya. Perlindungan peninggalan-peninggalan akan dilakukan melalui konservasi dan pemugaran.

Pemugaran merupakan salah satu tahap konservasi (conservation), di mana yang terakhir ini meliputi semua proses merawat tempat dengan tujuan mempertahankan signifikansi budayanya. Konservasi meliputi pemeliharaan (maintenance), pelestarian (preservation), restorasi, rekonstruksi dan adaptasi.

Pada tahap konservasi meliputi kegiatan pembersihan batu, baik secara mekanik dan kimiawi. Perbaikan batu-batu yang rusak, pengawetan batu, pemasangan lapisan kedap air dan pengaturan drainase bangunan.

Pembersihan menggunakan teknik mekanik yaitu dengan cara disikat dan diguyur air. Penyemprotan dengan air untuk mendukung pembersihan secara manual menggunakan sikat ijuk, karena kalau hanya disapu tidak disusul dengan pembersihan dengan air akan berimbas pada penyebaran lumut. Penyemprotan terutama musim hujan agar batu kuno candi tidak ditumbuhi lumut maupun ganggang.

Menyikat dinding candi harus mengikuti alur dari bebatuan candi itu sendiri. Menyikatnya pun harus dilakukan dengan perlahan agar tidak mengikis batuan candi. Untuk lumut-lumut yang menyempil di pori-pori bebatuan candi, kita harus menggunakan satu batang lidi untuk mencongkel lumut tersebut. Bagian yang perlu kehati-hatian lebih saat membersihkan candi adalah bagian relief agar tidak menggores atau mematahkan ukiran halus pada relief itu sendiri. Proses pembersihan candi membutuhkan energi ekstra dengan tingkat kesabaran yang sangat tinggi.

Sumber TWC, edit koranbumn

Check Also

Kementerian BUMN Buka Sejumlah Keluhan Karyawan Garuda

Kasus penyelundupan motor Harley Davidson bekas dan sepeda Brompton dalam pesawat baru Airbus A330-900 yang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *