Home / Berita / Literasi Waskita Realty : Amortisasi

Literasi Waskita Realty : Amortisasi

Amortisasi berasal dari bahasa Inggris, yaitu dari kata amortize. Secara harfiah, arti kata amortize, yaitu membawa mati.

Amortisasi adalah pembayaran utang secara bertahap selama periode waktu tertentu, seperti pembayaran bulanan untuk pinjaman KPR atau utang kartu kredit.

Agar amortisasi bisa berjalan, jumlah pembayaran harus cukup besar untuk membayar tidak hanya bunga tetapi juga pokok utang.

Ketika bisnis melakukan amortisasi biaya, maka hal ini membantu mengaitkan biaya aset dengan pendapatan yang dihasilkannya.

Contoh nyatanya, agar cicilan rumah menjadi lebih rendah, salah satu cara yang dapat ditempuh adalah dengan memperpanjang amortisasi atau tenor cicilan rumah. Saat ini maksimal, amortisasi di Indonesia berkisar 15 hingga 20 tahun dari jangka idealnya yang bisa mencapai 30 tahun.

Jika kamu melakukan pinjaman dari bank, kamu dapat meminta simulasi jadwal pembayaran atau Amortization Schedule Simulator. Tujuannya untuk memberikan gambaran kepada kamu tentang berapa cicilan per bulan yang dialokasikan untuk pembayaran bunga dan berapa untuk hutang pokok.

Check Also

Perum Perindo Aktif Ciptakan Terobosan di Keramba Jaring Apung Bali

Divisi Budidaya Perum Perindo terus menciptakan terobosan dan inovasi agar unit Keramba Jaring Apung (KJA) …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *